Bibit Berkurang, Harga Ayam Broiler di HSS Melambung

DUTA TV HSSHarga ayam pedaging atau broiler di pasar kabupaten Hulu Sungai Selatan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dimana kenaikan tersebut disinyalir akibat berkurangnya pasokan bibit ayam di kalangan peternak.

Lebih dari 1 bulan terakhir harga jual daging ayam disejumlah pasar di kabupaten Hulu Sungai Selatan mengalami lonjakan harga yang cukup signifikan.

Seperti yang terpantau di pasar Los Batu Kandangan, harga ayam pedaging atau broiler kini sudah mencapai Rp45.000 per kilogramnya, dari harga normal Rp25.000 per kilogramnya.

Baca Juga :  Harga Ayam Ras Tembus Rp45.000,- Per Potong

Kenaikan harga daging ayam ini sendiri disinyalir karena kurangnya pasokan bibit ayam dikalangan peternak sehingga mengakibatkan para pedagang harus membeli dengan modal lebih mahal.

Sejumlah pedagang mengaku kenaikan harga sangat berdampak kepada omset penjualan sejak melambungnya harga daging ayam dipasaran, mengakibatkan minat konsumen ikut drastis menurun.

“Harga ayam kadang Rp25.000 aja biasanya ayam saking mahalnya, capek juga menjual, untungnya tidak terlalu, dan juga yang membeli juga bisa berkurang pembelinya, kata orang kemahalan menjual ayam biasanya separo saja orang membeli” Kata Wati, Pedagang Ayam

Baca Juga :  Harga Ayam Terus Naik

“Bagi kami warung-warung itu banyak musim, banyak musim bagi kami sangat kurang yang kami berpikir mudah-mudahan bisa membayar karyawan yang mengerjakan itu dapat gaji juga, yang naik ini kurang lebih sebulan, yang naik setengah bulan tapi pernah sampai Rp25.000 perkilo pernah turun tapi berhubung anak nya dikurangi orang, lalu ayam yang gede ini kurang, karena kurang lalu naik, kalo ayam melimpah murah.” Kata Siti Mastiah, Peternakan Ayam

Baca Juga :  Revitalisasi Pasar - Pedagang Pasar Ujung Murung Datangi Pemko

Kenaikan harga daging ayam ini sendiri diprediksi akan berlangsung hingga hari Raya Idul Adha.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *