Ekonomi Technology

BI Kenalkan Sistem Pembayaran ‘QRIS’

DUTA TV BANJARMASIN – Perwakilan Bank Indonesia wilayah Kalimantan Selatan memperkenalkan sistem pembayaran baru yakni Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) Kamis pagi (24/10/2019).

Sistem pembayaran QRIS ini merupakan terobosan baru dalam sistem pembayaran elektronik, dimana sistem ini hanya perlu mengakses aplikasi dan menggunakan kode QR.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Herawanto menuturkan, QRIS merupakan sistem untuk mempermudah transaksi pembayaran, yang bisa digunakan para pengusaha kecil dan msyarakat tanpa uang tunai dan kartu.

“Jadi ini adalah untuk mempermudah transaksi pembayaran masyarakat, karna tanpa harus menggunakan duit maupun kredit card lagi, jadi hanya tingga menggunakan HP dan scan kode mereka”, jelas Herawanto.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Kalsel, Herawanto

“Kalau saya sendiri menyambut dengan senang saja, karena ini mempermudah transaksi dan ini tidak repot-repot lagi bawa uang dan hanya lewat HP, klo saya seblumnya masih pakai ATM, namun dengan adanya ini jadi mudah”, ungkap Hidayat, pemilik usaha bordir.

Hidayat, pemilik usaha bordir

Sebagai pengaman layaknya kartu debit dan kartu kredit, sistem pembayaran QRIS juga memiliki limitasi untuk mencegah melonjaknya transaksi dari satu pengguna agar tidak ada pembobolan atau penyalahgunaan.

 

Reporter : Ade Yanuar


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *