Berapa Dana Kebakaran Banjarmasin ? 400 Juta

Banjarmasin, DUTA TV — Dinas Sosial Kota Banjarmasin menyiapkan anggaran Rp 400 juta untuk penanganan dampak kebakaran bagi korban yang kehilangan tempat tinggal.

“Ini anggaran setiap tahun yang disiapkan pemerintah kota, sebab musibah kebakaran cukup tinggi di daerah kita,” ujar Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto.

Dia mengatakan anggaran tahun ini memang kurang 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu karena pengaruh kondisi keuangan pemerintah kota yang terdampak pandemi COVID-19 ditambah banjir yang penanganannya banyak menyedot keuangan daerah.

Lihat Juga :  Rumah Anggota Damkar Kotabaru Terbakar

“Jika memang kurang, di APBD perubahan bisa ditambah lagi,” katanya.

Pemakaian anggaran ini sudah dimulai dengan sejak Januari lalu hingga saat ini sudah sekitar Rp70 juta. Beberapa kali terjadi kebakaran di kota ini, dengan terbesar di Jalan Ir P.M. Noor, Gang Turis dan Gang 4 RT30/RW02, Kelurahan Pelambuan, Banjarmasin Barat, Minggu (28/2), dini hari.

Lihat Juga :  Satu Rumah Bertingkat di Banua Anyar ‘Dilahap’ Api

Dia menjelaskan penyaluran bantuan tidak dalam bentuk uang tunai melainkan barang yang diperlukan korban kebakaran untuk kebutuhan sehari-hari, seperti pakaian, kasur, hingga barang pecah belah.

“Nilai bantuannya antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta per kepala keluarga,” tuturnya.

Saat kebakaran, pihaknya juga dengan cepat membuat dapur umum untuk membantu korban. Dia menjelaskan bantuan yang mengalir ke korban kebakaran tidak hanya dari Dinas Sosial, tetapi pemerintah kota mengalokasikan di Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) berupa uang tunai Rp2 juta per kepala keluarga.

Lihat Juga :  Mahfud Sempat ‘Selamatkan’ Banyak Barang Sebelum Kebakaran

“Nah, dana ini bisa dimanfaatkan korban untuk membeli bahan bangunan, setidaknya meringankan mereka untuk membangun kembali tempat tinggal,” katanya.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *