Batik Durian Lubuklinggau Mendunia via Milan Fashion Week

Jakarta, DUTA TV KBRI Roma memperkenalkan kain tradisional alias wastra Indonesia di ajang Milan Fashion Week (MFW) 2021 bekerja sama dengan perancang Indonesia Jenny Yohana Kansil (JYK), Batik Durian Lubuklinggau, sekolah fesyen Italia Istituto di Moda Burgo-Milan (IMBM), dan pihak terkait lainnya dalam menggelar cara tersebut.

Untuk edisi MFW Spring/Summer 2021, Batik Durian Lubuklinggau diperkenalkan dalam berbagai ajang program MFW 2021.

Beberapa rancangan busana berbahan batik durian Lubuklinggau karya Jenny Kansil dihadirkan dalam kegiatan ini, termasuk sekitar 40 lembaran batik durian dalam berbagai motif, warna, dan jenis kain (katun maupun sutera).

Seorang pengajar IMBM, Biagio Belsito, telah membuat fashion moulage pada manekin dengan menggunakan enam lembar batik Durian Lubuklinggau dari berbagai motif.

“Rancangan ini saya sebut sebagai water fountain karena saya paham pentingnya air dalam proses penciptaan batik ini,” jelas Biagio.

Ajang IFE 2021 dibuka bersama oleh beberapa pihak, termasuk KBRI Roma. Mewakili Dubes RI Roma, Wakil Kepala Perwakilan (Wakeppri) RI di Roma Lefianna Hartati Ferdinandus menyampaikan pidato pembukaan pada 24 September 2021.

Dalam sambutannya, Lefianna menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait atas kerja sama penguatan diplomasi batik Indonesia di Italia.

“Tentunya partisipasi Batik Lubuklinggau dalam IFE ini akan memperkuat diplomasi batik Indonesia di Italia, dengan memperkenalkan keragaman budaya dan batik Indonesia kepada masyarakat Italia”, papar Lefianna.

“Pengenalan wastra Indonesia tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama. Karenanya, kolaborasi, kerja sama dan koordinasi antar pemangku kepentingan menjadi sangat penting dalam upaya promosi ini,” sambung Lefianna.(kom)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *