Banyak Sampah Organik di Banjarmasin saat Lebaran

Banjarmasin, DUTA TV — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin mengklaim banyak menangani sampah organik pada musim Lebaran 2021. Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin Marzuki menyatakan setiap Lebaran volume sampah naik, khususnya sampah organik.

“Kenaikan total volume sampah memang tidak signifikan, hanya sekitar dua sampai lima persen, tapi banyak sampah organik saat ini,” katanya.

Lihat Juga :  Menaker : Larangan Mudik Memang Berat

Sampah organik yang tinggi datang dari rumah tangga, karena sisa makanan dan buah-buahan, serta sebagainya dari hidangan perayaan Lebaran.

“Biasanya mulai H+1 Lebaran ini terjadi kenaikannya, sebab para petugas sampah di perumahan-perumahan baru membuang hari ini,” lanjut Marzuki.

Dia mengatakan volume sampah yang naik itu antara sekitar 10 hingga 30 ton sebab sampah di kota ini totalnya per hari sekitar 600 ton. Jack mengatakan penanganan peningkatan volume sampah dilakukan secara optimal agar tidak menumpuk besar hingga menimbulkan bau tak sedap, apalagi sampah organik.

Lihat Juga :  Pasca Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemko Banjarmasin 100%

Bahkan, beberapa armada disiagakan lembur, yakni satu alat berat, lima dump truk, tiga truk amroll, lima pikap, dan dua tossa. Menurut dia, jenis sampah yang juga cukup banyak pada Lebaran ini jenis botol minuman, kotak, dan plastik pembungkus.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *