Bantu Bayar Angsuran, PT Rona Jaya Mandiri Bina Warga Bertambak Lele

DUTA TV BATOLA – Terobosan baru dilakukan oleh PT. Rona Jaya Mandiri Handil Bakti kabupaten Barito Kuala, dalam upaya mendongkrak penjualan rumah bersubsidi dengan cara memberikan pembinaan kepada warga yang sudah menjadi nasabah perumahan untuk membuka usaha sampingan bertambak ikan lele.

Usaha ini ternyata sangat diminati oleh warga perumahan PT. Rona Jaya Mandiri, karena hampir seluruh warga kini sudah memanfaatkan lahan fasilitas umum yang di sediakan oleh pengembang untuk dijadikan tambak ikan lele.

Hasilnya pun cukup lumayan karena selain mengandalkan pekerjaan tetap, warga juga berhasil mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha tambak lele tersebut.

Seperti yang dilakukan pada Senin (27/1) sore, warga setempat melakukan panen raya ikan lele dengan hasil yang cukup banyak yakni hampir 5 kwintal.

Menurut warga, usaha ini dilakukan atas arahan dari pihak pengembang yang menginginkan warga diperumahan mendapatkan penghasilan tabahan.

Meski demikian, menurut warga masih ada kendala dalam menjalankan usaha tersebut, yakni diantaranya permodalan dan pembibitan karenanya warga berharap adanya perhatian dari pihak pemerintah kabupaten Barito Kuala, dalam hal ini instansi yang terkait.

Ini inisiatif dari pengembang yang memanfaatkan fasilitas umum tambak lele. Tujuan usaha ini untuk menutupi perekonomian, angsuran rumah hasilnya lumayan. kendala seperti air, penyakit, umpan dan modal harapan ada bantuan dari dinas terkait,” tutur Arianto Wakil Ketua Kelompok.

Sementara itu, Fauzan sebagai pengembang menjelaskan ide memberikan usaha tambak ikan lele ini berawal dari melihat adanya lahan fasilitas umum yang tidak termanfaatkan. Karenanya ia berinisiatif mengajak warga untuk membuka usaha tambak dengan harapan membantu perekonomian warga dan memperingan warga dalam membayar angsuran perumahan.

Kita memberikan trobosan untuk membantu pembinaan usaha untuk membayar angsuran, idenya dari melihat fasilitas fasum lahan milik kami. Diharapkan ada dukungan dari pemerintah setempat dan provinsi pihak lain pun bisa membuka usaha seperti ini,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak pemerintah desa Semangat Bakti mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada warga perumahan, yang berhasil membuka tambak lele dan ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh pengembang perumahan dan pihak pemerintah desa akan mengajak developer lain yang ada di kawasan desa Semangat Bakti untuk mencontok terobosan yang dilakukan oleh PT. Rona Jaya Mandiri.

“Kami berterimakasih kepada warga dan pengembang PT. Rona Jaya Mandiri, ini terobosan baru kami akan membantu mengembangkan ini,” ucap Alimansyah Kades Semangat Bakti.

Hingga saat ini usaha yang dilakukan secara berkelompok ini sudah berhasil menghasilkan penghasilan yang cukup besar dari 20 orang anggota kelompok berhasil melakukan panen perdana seberat 5 kwintal dan hasilnya langsung laku terjual.

Reporter : Ahmad Sahsada Bakti


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *