Banjarbaru Dikepung Banjir Bandang

DUTA TV BANJARBARU – Beberapa titik lokasi di kota Banjarbaru yang terendam banjir, yang merupakan luapan sungai Kuranji dan Basung di Cempaka serta sungai kemuning hingga mengakibatkan ratusan rumah beserta harta benda korban terendam.

Sedangkan di jalan Ahmad Yani depan Universitas Lambung Mangkurat maupun di jalan IR Pm Noor kelurahan sungai Ulin Banjarbaru, juga di Liang Anggang ditengarai disebabkan buruknya sistem drainase.

Baca juga : Cempaka Banjir, Tim Gabungan Evakuasi Warga

Dari pantauan banjir berlangsung dari pukul 06.00 Wita dan air tiba-tiba mengalir deras menerjang tempat terendah, dengan ketinggian air dari 10cm hingga satu meter.

Hanya saja banjir yang merendam kota Banjarbaru tersebut, rata-rata berlangsung sekitar empat jam terkecuali di kawasan Basung yang terendam mulai pukul 09.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Menurut kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan, Wahyudin, tingginya intensitas hujan menjadi salah satu penyebab banjir di kota Banjarbaru sehingga merendam beberapa lokasi di Banjarbaru sedangkan di kabupaten lain belum menerima informasi.

“Ada 4 titik, 2 titik di cempaka, 2 titik di belakang SMA 1 dan kantor pajak. Hujan yang deras menjadi salah satu penyebab, sehingga airnya tidak bisa ditampung disungai maupun disaluran, sehingga meluap,” tutur Wahyudin Kalak BPBD Kalimantan Selatan.

Untuk mengantisipasi terjadinya korban, pihak BPBD Kalsel bersama sejumlah elemen langsung terjun ke lokasi di kelurahan Cempaka, namun hingga air kembali surut, dipastikan tidak ada korban jiwa.

“Kita mengevakuasi, karena ada anak-anak dan orang tua jadi kita bawa ke daerah yang aman. kami membawa 3 perahu karet dan kurang lebih 20 personil ditambah dengan rekan-rekan dari damkar, satpol PP juga TNI/Polri,” tambah Wahyudin.

Reporter : Tarida Sitompul


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *