Baliho Berseliweran, Bawaslu Tak Bisa Berbuat Apa-Apa

DUTA TV BANJARMASINBaliho bergambar di pinggiran perkotaan nampak terpasang, meski materi dan iklan hanya mengungkapkan jabatan sebagai ketua salah satu partai peserta pemilu.

Lain lagi di Kawasan Beringin juga terpasang poster salah seorang pimpinan dewan, dengan isi materi bertuliskan pilihan warga Banjarmasin 2020.

Di tahun politik jelang Pilkada 2020 ini, menjadi ramai dan bermunculan figur – figur yang diprediksi turut meramaikan suksesi Pilwali Banjarmasin, meski tidak menyebut sebagai bakal calon Walikota, figur yang memasang poster ataupun baliho, diketahui sudah melayangkan lamaran saat penjaringan di beberapa partai politik.

Menyoroti fenomena bermunculannya atribut sosialisasi ini, Bawaslu mengaku tak bisa berbuat banyak jika ada dugaan pelanggaran, lantaran saat ini belum masuk tahapan pencalonan.

“Untuk Paslon calon baru 8 Juli, sekrang tidak bisa dikenakan, yang marak menggunakan panggung lain oleh tokoh yang dinilai siap mencalon, itu tidak bisa dijerat karena belum masuk tahapan, Bawaslu upayakan agar ada ketertiban atribut yang terpasang di ruang publik, bisa kordinasi Pemda, Perwali, agar bisa ditertibkan kalau marak dan dianggap tidak nyaman,”ujar Aries Mardiono Komisioner Bawaslu Kalsel

Meski demikian pihaknya tetap berkoordinasi dengan lembaga terkait, agar atribut yang terpasang tidak menyalahi estetika, aturan daerah dalam mekanisme pemasangan media sosialisasi ataupun kampanye.

Reporter : Fadli Rizki & Zein Pahlevi

#UPDATE CORONA KALSEL

Slider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *