Bagasing Perlu Lapangan Permanen

DUTA TV TAPIN – Puluhan penggiat permainan tradisional bagasing meramaikan perlombaan bagasing yang digelar olah Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tapin.

Lomba dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapin yang ke 54 tahun berlangsung di kawasan Siring Rantau Baru Selasa (12/11) sore.

Tidak hanya diikuti oleh kalangan dewasa, lomba kali ini juga banyak diikuti oleh anak-anak atau pelajar dari berbagai sekolah di kabupaten Tapin.

Banyaknya anak-anak yang ikut serta, menjadi harapan tersendiri bagi para penggiat permainan tradisional bagasing untuk melestarikan dan mengembangkan permainan tersebut.

“Lomba bagasing dari tingkat anak – anak dan dewasa, memperingati Hari Jadi Kabupaten Tapin. Pesertanya dari Tapin 15 regu dan dari Batola 2 regu. Untuk sementara ini kalau lomba selalu memilih – milih tempat. Kalau bisa Pemerintah Daerah mencarikan solusi untuk membuat lapangan yang permanen jadi kami tidak pindah – pindah lagi,”ujar Suhrawardi, Panitia Pelaksana.

Lomba bagasing juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi para pegasing dari berbagai wilayah yang datang dari luar kabupaten Tapin untuk berpartisipasi.

“Bagus pelaksanaannya, semoga ke depannya lebih bagus lagi dan pesertanya lebih banyak lagi. Untuk meneruskan kesenian tradisional,”tutur juara 1 tingkat dewasa, Rusdiansyah.

Para pegasing berharap pemerintah dapat terus memfasilitasi para pecinta permainan tradisional di Tapin agar dapat lebih mudah menyalurkan bakat dan hoby mereka.

 

Reporter : Muhammad Irfansyah

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *