Aparat Gabungan Siap Kawal Demo

Banjarmasin, DUTA TVKapolresta Banjarmasin kombespol Rachmat Hendrawan memimpin langsung, pemetaan pengamanan di halaman Polresta Banjarmasin, Rabu pagi (14/10/2020). Sejumlah unsur pengamanan seperti TNI dan juga Forkopimda seperti Dinas Perhubungan juga turut dilibatkan.

Rencananya aparat gabungan akan mengawal aksi besok, dari titik kumpul hingga titik aksi yang rencananya dilakukan didepan rumah banjar, atau kantor DPRD Kalsel. Pengamanan juga akan dilakukan secara humanis, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat aksi berlangsung.

Sedikitnya 1.500 personil gabungan yang akan diturunkan. Pengamanan juga akan melibatkan anggota dari Polda Kalsel, Polres Banjabaru, Polres Batola, dan Polres Tanah Laut, serta petugas dari Dinas Perhubungan kota Banjarmasin.

“Kita juga mengimbau keamanan lebih penting, jadi jangan terpengaruh situasi, yang sifatnya ditunggangi, disusupi, sehingga memancing mahasiswa atau aparat terpancing. Untuk mengantisipasi itu kita sudah siapkan BKO dari Polda maupun TNI yang tergelar nanti sekitar 1.500 pasukan yang menjaga keamanan,” tutur Kombespol Rachmat Hendrawan.

“Ada satu SSK dari batalyon, dua SSK dari zipur, kemudian dari kami sendiri selain melekat tugas, kurang lebih ada 250 personil,” kata Kolonel M Leo Pola Ardiansa S, Dandim 1007 Banjarmasin.

Aparat Lakukan Pengalihan Arus Selama Unras Berlangsung

Sementara untuk mengantisipasi penumpukan lalu lintas di kawasan yang digunakan untuk aksi besok, petugas akan melakukan pengalihan arus di beberapa kawasan.

Penutupan dilakukan di sebagian jalan, seperti Pangeran Samudera, Mt. Haryono, jalan Merdeka, diseputaran Taman Kamboja, dan Lambung Mangkurat. Pihaknya berharap, aksi unjuk rasa Kamis besok bisa berjalan damai hingga berakhirnya aksi. Aparat juga mengimbau kepada seluruh siswa STM, SMK, dan SMA, agar tidak mengikuti aksi pada Kamis besok.

Reporter : Zein Pahlevi

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *