Air Sungai Riam Kanan Bau Busuk Tercemar Ikan Mati

DUTA TV MARTAPURA – Jutaan ekor bangkai ikan yang dibuang ke Sungai Riam Kanan mengakibatkan masyarakat di delapan desa di kecamatan Karang Intan dan Astambul Kabupaten Banjar mengalami krisis air.

Pasalnya bangkai ikan mengakibatkan air tercemar dan menebarkan bau busuk dan juga mengakibakan puluhan ton ikan di dalam jala apung ikut mati, sehingga air sungai tidak bisa dimanfaatkan untuk mandi dan sebagai air minum.

Dari pantauan di lapangan, dampak tersebut mulai dirasakan oleh masyarakat mulai hari Sabtu (19/10/2019) dan bangkai ikan yang dibuang sudah sampai ke kecamatan Martapura kota.

“Air sungainya bau busuk tidak bisa digunakan untuk mandi dan minum pakai air sumur,” jelas Masri yang juga mengeluhkan air sumurnya.

“Karena sudah mencemari sungai, kita minta bantuan agar masyarakat disediakan air bersih,” terang Muhmmad Hilmi Camat Karawang Intan.

Menurut salah satu warga desa Sei Arfat kecamatan Karang Intan, bangkai ikan yang dilarutkan ke sungai sudah mencemari sungai Riam Kanan, sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan mandi.

Mereka berharap pencemaran sungai ini bisa segera diatasi oleh pihak terkait agar masyarakat bisa kembali menggunakan air sungai.

 

Reporter : Tarida Sitompul

#UPDATE CORONA KALSEL



Uploader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *