Ada Penjaja Jasa Salon Hewan di Ngawi

Ngasimin membersihkan tanduk sapi (foto:antara)

 

DUTA TV – Hari Raya Idul Adha membawa berkah tersendiri bagi penjaja jasa salon hewan. Di sejumlah pasar hewan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, keahlian mereka diperlukan untuk merapikan tanduk dan kaki dari hewan-hewan yang akan dijual.

Mereka menyebutkan pekerjaan ini sebagai jasa poles kaki dan tanduk. Salah seorang penjaja jasa salon ternak adalah laki-laki bernama Ngasimin. Melalui tangan terampilnya, hewan-hewan ternak menjadi tampil lebih rapi dengan tanduk yang bersih dan bentuk kuku yang proposional.

Semua pekerjaan dilakukan secara manual. Setiap penyedia jasa salon juga harus menguasai teknik mengikat hewan guna terhindar dari tendangan maupun tandukan.

“Ya diperbaiki kukunya. Kukunya yang panjang diperbaiki supaya bisa meningkatkan kualitas daya jual dan kalau tanduk sudah dipotong itu bisa menjadi kelihatanya menjadi lebih muda begitu,”ujarnya.

Untuk jasa salon seekor sapi, Ngasimin memperoleh bayaran sebesar Rp100 ribu rupiah. Dalam satu hari ngasimin bisa mengerjakan hingga 10 hewan ternak.

Menjelang hari raya Idul Kurban, konsumen jasa salon ternak meningkat hingga dua kali lipat.

Sumber : antaranews.com

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.