Terjang Banjir, Gubernur Kalsel Pantau Warga Kabupaten Banjar

Martapura, DUTA TV — Gubernur Kalimantan Selatan,  Sahbirin Noor (Paman Birin) meninjau lokasi banjir yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Banjar, Selasa (29/12).

Setiba di lokasi banjir, Paman  Birin bersama rombongan langsung terjun menerjang banjir yang tingginya hampir melebihi lutut orang dewasa.

Paman Birin dan rombongan untuk melihat kondisi rumah warga yang terendam banjir di daerah Teluk Selong Ulu Kecamatan Martapura Barat, akibat tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir.

Ia meminta semua pihak, terutama petugas terkait, untuk bergerak cepat dalam penanganan dan percepatan pemberian bantuan terhadap warga terdampak banjir.

“Kita harus saling bersinergi membantu penanganan banjir di beberapa daerah ini, termasuk di Kabupaten Banjar,” ujar Paman Birin.

Tak hanya itu, Orang nomor satu di Kalsel tersebut juga memberikan arahan langsung kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel, untuk segera mengerahkan semua sumber daya dalam mengatasi musibah banjir sesuai dengan kemampuan dan kewenangan.

Selain turun bersama jajarannya di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, turut meninjau lokasi banjir aparat perangkat desa, kepolisian, dan TNI.

Selain berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,Paman Birin juga menyempatkan diri berdialog langsung dengan masyarakat terdampak banjir.

“Kepada para korban banjir semoga diberikan kesabaran dan semangat. Saya doakan agar genangan air cepat turun,” ucapnya.

Sedikitnya ada 10 kecamatan di wilayah Kabupaten Banjar yang terendam banjir, diantaranya Kampung Melayu dan Pekauman di Kecamatan Martapura Timur serta Tunggul Irang dan Bincau Muara di Kecamatan Martapura Kota.

Kemudian, wilayah Minggu Raya, Astambul Kota, Jati Baru, dan Kalampayan di Kecamatan Astambul, Jingah Habang serta Labuan Tabu di Kecamatan Karang Intan.

 

Tim Liputan

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *