BPBD Fokus Pencegahan Kebakaran Lahan

Banjarmasin, DUTA TV — Musim kemarau tahun ini, cukup panjang dibanding beberapa tahun sebelumnya. Selain itu, berbeda dengan tahun sebelumnya, musim kemarau tahun ini merupakan kemarau basah. Artinya, tidak sepenuhnya cuaca panas tapi juga diselingi dengan hujan.

Namun, beberapa pekan terakhir cuaca panas cukup ekstrim, dan sempat membakar sebagian kecil lahan tidur. Pihak BPBD kota Banjarmasin juga terus melakukan monitoring, di sejumlah kawasan yang dianggap rawan.

BPBD kota Banjarmasin memang lebih fokus untuk melakukan pencegahan atau mengantisipasi kebakaran lahan. Ada beberapa kelurahan yang menjadi fokus pihak BPBD untuk melakukan monitoring, agar tidak terjadi kebakaran lahan di Banjarmasin.

“Kita sekarang memasuki musim kemarau puncaknya sampai September, sekarang tanggalb25 tapi musim kemarau tahun ini kemarau basah, ada gerimis, terkendali. Kalau tahun kemarin sampai 41 titik lahan, akibatnya karena sampah, kami tetap monitoring selalu siaga pagi siang sore, tahun ini kami juga fokus ke pencegahan atau antisipasi. kalau terjadi kita ke penanggulangan. Kami mapping ada beberapa kelurahan rawan bencana, ada sekitar 10 kelurahan, ” Kata Husni Thamrin, Kepala BPBD kota Banjarmasin.

Kebakaran lahan yang sempat terjadi di Banjarmasin, diketahui karena cuaca panas yang ekstrim, selain itu karena sampah yang terbakar, atau kelalaian dari oknum warga.

Reporter : Zein Pahlevi

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *