Festival Kuntau Banjar Perebutkan Piala Acil Odah

Banjarmasin, DUTA TV — Penampilan jurus kuntau ini menjadi pembuka pada Festival Kuntau Banjar Piala Acil Odah 2024,akhir pekan kemarin.

Kegiatan yang digelar di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin ini juga untuk memperingati hari jadi pertama organisasi masyarakat tutus banjar asli atau Tabas.

Sedikitnya 390 peserta se Kalimantan Selatan ikut festival ini. mereka akan beradu ciamik dalam menampilkan jurus jurus yang sudah ditetapkan panitia.

Ketua pelaksana kegiatan ini menuturkan, kuntau saat ini dinilai sudah hampir tergerus budaya modern. Oleh karenanya, ia berharap lewat ajang serupa beladiri kuntau dapat kembali eksis yang semakin digandrungi masyarakat.

“Hari ini kita kegiatan untuk memperingati hari jadi tabas (tutus banjar asli) yang pertama, ini untuk mengangkat budaya banjar, salah satunya kuntau, harapan kami lewat acara ini dapat merangsang masyarakat untuk kembali meminati kuntau, harapannya kuntau bisa eksis seperti dulu, ” Kata M. Khairanoor Effendi, Ketua Panitia Pelaksana.

Ada pun nomor yang dipertandingkan yakni gerak wajib tabas, beregu gerak wajib tabas, gerak bebas puteri dan gerak bebas putera. Selain piala Acil Odah, juara umum event ini nanti juga akan diberikan tropi dari kesultanan banjar.

Reporter : Nina Megasari

Asiah

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *