Mendongkrak Pariwisata Kota Banjarmasin

DUTA TV Banjarmasin – Event-event berskala internasional merupakan strategi dan pendongkrak untuk memasarkan pariwisata lokal. Dengan label event internasional, maka turis mancanegara dan nasional akan tertarik untuk hadir berkunjung. Saran ini disampaikan oleh konsultan branding, Reza B. Surianegara dan Kusdini Nurdiati, saat melakukan silaturahmi dengan Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina, yang didampingi jajaran SKPD terkait.

Reza B. Surianegara, Konsultan Branding & Produser Film (5/2/2019)

Menurut Reza, konsultan dan tim branding dibalik sukses Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, jika sudah menetapkan event skala internasional, maka segala sesuatunya harus dilakukan dengan standar internasional. Media promonya, cara komunikasi dan tentu saja kemasan dari acaranya sendiri.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut, Walikota Banjarmasin menyampaikan apa yang sudah dilakukan oleh Kota Banjarmasin dalam mendorong sektor pariwisata, termasuk di dalamnya adalah mengeluarkan perwali terkait 36 destinasi wisata. Diakui oleh Ibnu Sina, bahwa kondisi pariwisata Banjarmasin, masih belum seperti Banyuwangi. Dengan diskusi dan masukan ini, diharapkan seluruh SKPD terkait bisa melakukan optimalisasi dari yang menjadi catatan-catatan evaluasi. Semua tujuannya agar bisa mencapai kondisi Kota Banjarmasin sebagai Kota Pariwisata dan Perdagangan.

Event terdekat yang akan dilaksanakan adalah Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2019, pada bulan Maret. Terkait berbagai agenda event Kota Banjarmasin, akan dilaunching di Jakarta pada pertengahan Februari 2019 dalam tajuk Extravaganza Banjarmasin.
Semua upaya ini, lanjut Ibnu, merupakan upaya terus menerus untuk mendongkrak pariwisata Kota Banjarmasin.

Reza menambahkan,  dalam komunikasi terkait branding pariwisata, kuncinya adalah mencari yang unik, “genuine” dan berbeda. Dan komunikasi itu perlu dikemas dalam sebuah paparan menarik. Disarankan semua tim di Kota Banjarmasin harus menjadi pemasar,  dengan rujukan paparan yang sama. (DR)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *