7 Anggota Tagana Kalsel Berangkat ke Cianjur

Tagana Kalsel akan berangkat ke lokasi gempa di Cianjur (Foto : Duta tv)

Banjarmasin, DUTA TV — Tujuh anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalsel  akan diberangkatkan ke cianjur Jawa Barat, Jumat (25/11/22) besok. Mereka nantinya akan bertugas untuk membantu proses evakuasi korban gempa dan bergabung dengan sejumlah rekan Tagana seluruh Indonesia melakukan beberapa bantuan lain. Rencananya mereka akan bertugas selama 10 hari.

Sejumlah persiapan juga sudah dilakukan oleh petugas yang akan berangkat, seperti perlengkapan keamanan untuk diri mereka sendiri. Selain bertugas melakukan evakuasi pada korban gempa, mereka nantinya akan membangun tenda untuk pengungsian para penyintas dan beberapa tugas lain.

Menurut Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Achmadi keberangkatan sejumlah anggota Tagana Kalsel itu juga sesuai arahan dan perintah Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Mereka yang berangkat juga sudah memiliki kemampuan untuk melakukan sejumlah tugas di lokasi gempa dan tanah longsor di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Sesuai arahan dan perintah Pak Gubernur dalam rangkanmisi kemanusiaan korban gempa bumi. Beliau memerintahkan Tagana segera berangkat ke lokasi tanggal darura. Ada lima spesialisasi. Pertama evakuasi korban, kedua pendirian tenda pengungsian, kemudian mendirikan dapur umum membantu Tagana beberapa daerah. Kemudian mereka akan menata logistik, terakhir mereka melaksanakan psiko sosial. Lama bertugas 25 sampai 4 Desember,”jelas Achmadi.

“Biasanya kota membawa peralatan safety untuk kita sendiri. Safety tim seperti helm, sarung tangan masker, dan obat – obatan. Tugas utamanya ada lima tugas evakuasi pendirian shelter,”kata petugas Tagana Kalsel, Rudiannor.

Rencananya Dinsos Kalsel juga akan memberangkatkan kembali 10 orang petugas Tagana setelah tujuh petugas yang ada selesai bertugas. Selain itu membuka posko bantuan di kantor Dinas sosial Provinsi Kalsel.

 

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.