60% Bak Truk Sampah BLH Banjar Rusak

Martapura, DUTA TV — Anggota komisi III DPRD Banjar, dikagetkan dengan permasalahan pengelolaan sampah di TPA Kencana Karang Intan, sehingga menjadi keluhkan masyarakat petani di Desa Sungai Landas.

Dari keterangan BLH, pengalihan sampah ke TPA Regional Bakula milik Pemprov Kalsel, mendapat penolakan karena armada yang tersedia tidak memenuhi syarat yakni sampah belum disortir dan bak truk rusak.

Berdasarkan data dari 30 armada truk pengangkut sampah, 70% bak dalam keadaan rusak sehingga pengelolaan sampah masih di TPA Kencana Karang Intan.

Menurut sekretaris BLH Banjar H Hamdi, perbaikan bak truk terkendala wabah COVID-19 sehingga pihaknya terpaksa menggunakan armada yang tidak layak.

“60% bak truk rusak, sementara itu ketua komis III DPRD Banjar Iwan Bora SH, menyatakan warga  keberatan pencemaran cairan lendir sampah karena merusak pertanian, namun baru  mengetahuikendala yang dihadapi BLH,” kata H Hamdi Sekretaris BLH Banjar.

H Hamdi Sekretaris BLH Banjar

H Hamdi Sekretaris BLH Banjar

“Warga mengeluhkan pencemaran limbah TPA Kencana, kita tetap menerima keluhan masyarakat dan semua anggaran pun ikut dipangkas karena wabah COVID-19 ini untuk sarana prasarana BLH mungkin tidak di rawat dengan baik sehingga menjadi rusak,” ujar  Iwan Bora SH ketua Komisi III DPRD Banjar.

 

Iwan Bora SH ketua Komisi III DPRD Banjar

Iwan Bora SH ketua Komisi III DPRD Banjar

Bahkan warga Desa Sungai Landas, meminta agar kantor BLH bisa dipindahkan ke lokasi TPA Kencana, sehingga dapat mendengar keluhan masyarakat.

Reporter : Tarida Sitompul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *