5 Kecamatan di Tapin Rawan Terbakar

Rantau, DUTA TV Dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kabupaten tapin akan mulai memasuki musim kemarau pada Juli 2021 mendatang. Dengan adanya perkiraan cuaca tersebut, Polres Tapin mulai melakukan berbagai kesiapan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah kebakaran hutan yang kerap terjadi di wilayah setempat.

Bahkan pihaknya menyebut ada 5 kecamatan yang berpotensi menjadi wilayah rawan karhutla yakni Kecamatan Candi Laras Selatan, Candi Laras Utara, Tapin Tengah, Bakarangan serta di Kecamatan Piani.

Lihat Juga :  Kemarau Diprediksi Datang Agustus – Oktober

Mengantisipasi tingginya potensi karhutla, Polres Tapin akan melibatkan seluruh stakeholder untuk ikut berpartisipasi dalam hal pencegahan dan penanganannya hingga ke lapisan bawah dengan membentuk satgas masyarakat peduli api di setiap desa.

“Kita juga sudah mengambil data dari satelit-satelit yang ada, serta beberapa aplikasi, jadi nanti hotspot-hotspot yang ada di wilayah Tapin itu kita akan lakukan ground cek, apabila tempat-tempat itu apa yang menyebabkan jadi titik panas, tentunya kalau untuk Karhutla ini memang kemarin kita diuntungkan oleh cuaca yang tidak ekstrim pada 2020, mudah-mudahan di tahun 2021 juga begitu,” ujar Kompol Raindhard Maradona, Kabag Ops Polres Tapin

Lihat Juga :  BPBD Banjar Gelar Apel Siaga Karhutla di Musim Hujan

Meski di tahun 2020 lalu jumlah titik hotspot karhutla di kabupaten tapin menurun dibanding tahun 2019, namun pihak Polres Tapin tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, agar potensi karhutla dapat diminimalisir.

Reporter : Muhammad Irfansyah

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *