431 Hektar Lahan Pertanian Diklaim Asuransi Usaha Tani Padi

DUTA TV MARTAPURA – Dari luas lahan pertanian program serasi yang mengalami Puso 431,97 H, telah diklaim ke perusahaan asuransi yang mengelola asuransi usaha tani padi oleh para petani,

Dari data pihak Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar, lahan pertanian di 11 kecamatan di Kabupaten Banjar, yang terdampak perubahan iklim baru empat kecamatan yang mengajukan klaim, yakni Cinta Puri Darussalam, Martapura Barat, Astambul Dan Martapura Timur.

Selain itu petani yang dapat mengajukan klaim, hanya petani yang sudah membayar premi asuransi sebesarRp36 ribu per hektar sejak tanam sehari, hingga usia sebelum satu bulan dengan klaim beragam.

Menurut Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar Muhammad Fachry, saat ini lahan yang mengalami Puso dalam proses verifikasi dari perusahaan asuransi, dan bagi yang memenuhi syarat akan mendapatkan pergantian Rp6.000.000 perhektar.

“Bagi yang bayar Premi, nantinya akan mendapatkan pergantian Rp6.000.000 perhektar,”ucap HM Fachry

HM Fachry

HM Fachry

Sementara itu pergantian klaim AUTP, hanya bagi lahan yang mengalami kerusakan minimal 85 % dari luas lahan yang diajukan kepada perusahaan asuransi.

Reporter : Tarida Sitompul


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *