4.000 Bumil di Banjarmasin Jalani Rapid Test, 37 Dinyatakan Reaktif

DUTA TV BANJARMASIN – Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Banjarmasin, baru – baru tadi melakukan rapid test terhadap 4.000 ibu hamil.  Hasilnya 37 orang ibu hamil ditemukan reaktif.

Terkait termuan ini, kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin Machli Riyadi mengimbau ibu hamil untuk tetap lebih waspada dan menghindari kerumunan.

Machli juga mengingatkan ibu hamil yang terpapar Covid-19 sangat berisiko menularkan pada janin, serta akan sulit penanganannya.

Lihat Juga :  Kelurahan Pekauman Satu-Satunya Zona Merah di Banjarmasin

“Data kami di Dinkes, ibu hamil yang sudah dirapid keseluruhan ada 4.000 dari dari 13.077 orang yang hamil di Banjarmasin, saat ini kita sudah rapid 4.000 orang dan ditemukan ada 37 orang bumil yang rektif, dari 37 itu terbukti bumil memiliki kerentanan yang cukup tinggi, ketika dimasa pandemi ini agar tidak berada di kerumunan, karena tingkat stres tinggi, terutama di 3 bulan pertama dan akhir jelang melahirkan. Kalau terpapar Covid ini sangat berisiko dan penanganannya agak sulit dibanding yang lain. Kita performakan setiap bumil harus dirapid dulu, kita siapkan pengadaan sebanyak 8.000 ke 26 puskes, ini gratis, bisa diperiksa jelang kelahiran, ditanggung Dinkes Banjarmasin. Masih dijadwalkan untuk dilakukan swab,” jelas  Machli Riyadi.

Lihat Juga :  Januari, Vaksin Virus Corona Sampai di Banjarmasin

Dinas kesehatan Banjarmasin berencana segera menjadwalkan test swab, bagi 37 ibu hamil yang reaktif dan dilakukan di Puskesmas yang ada di kota Banjarmasin.

Reporter : Fadli Rizki

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *