Infrastruktur

3,5 KM Saluran Irigasi Riam Kanan Sudah Dibersihkan

DUTA TV MARTAPURA – Pembersihan saluran irigasi Riam Kanan di Kabupaten Banjar terus dilakukan oleh pihak pengelola irigasi. Dengan alat dozer, lantai saluran irigasi dibersihkan dari sedimentasi tanah, pasir, tanaman gulma, serta beragam sampah yang menumpuk selama 15 tahun sejak irigasi dibersihkan total pada tahun 2003 silam.

Dari pantauan, sedimentasi di dalam saluran memiliki ketinggian bervariasi dari 10 – 30 cm, sesuai dengan terjadinya penumpukan gulma yang berdampak terhadap volume debit air.

Untuk mempercepat pembersihan, sesuai dengan target selama 3 minggu, petugas melakukan secara bersama – sama melakukan pembersihan di 3 titik dengan mengerahkan puluhan tenaga dan sejumlah alat berat.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen Operasional (PPK Op) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kalimantan Selatan, Herry Ade Permana, hingga hari kelima pengeringan dan pemeliharaan irigasi, pihaknya sudah membersihkan sepanjang 3,5 KM.

“Sudah mencapai 3,5 kilometer. Namun insyaaAllah hari ini naik lagi armada kita banyak yang turun, dan dump truck  mulai ngangkut – ngangkut lagi. InsyaaAllah progres kita sampai 4 km,”ujar Herry.

Dari pengeringan irigasi banyak ditemukan material sampah yang diduga merupakan buangan masyarakat, seperti botol air mineral, ban bekas, serta sampah plastik.

Pihak pengelola berharap masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di irigasi karena dapat berdampak pada menurunya debit air yang dihasilkan.

Reporter : Tarida Sitompul



Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *