3 Kecamatan di HST Jadi Lumbung Sosial

Hulu Sungai Tengah, DUTA TV  Pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, Kementerian Sosial (Kemensos) RI membuat lumbung sosial di tiga kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Tiga kecamatan itu adalah Desa Hantakan,  Desa Pandawan, dan Kota Barabai. Pasalnya tiga kecamatan itu dianggap rawan bencana banjir dan lumbung sosial akan menyediakan sejumlah logistik sehingga tidak perlu menunggu bantuan dari pihak lain.

Lumbung sosial ini menurut Kasubdit Perlindungan Korban Bencana Alam Kemensos RI, Joko Purnomo  berisikan logistik seperti makanan, non makanan, dan obat- obatan serta buffer stock yang meliputi puluhan matras, pakaian anak, peralatan dapur, tenda gulung, kasur dan beberapa perlengkapan lainnya.

“Di lumbung berisi makanan non makanan obat – obatan serta buffer stock yang kita sediakan. Kita isi lumbung sosial itu. Kami menempatkan tagana siap siaga kalau ada kemungkinan terjadi cepat bergerak bersama relawan lain serta mendistribusi bantuan. Ada penyaring air bersih difilter sangat dibutuhkan. Ada genset untuk penerangan untuk para pengungsi,”terangnya.

Selain Kemensos RI petugas taruna siaga bencana juga disiapkan oleh pihak dinas sosial Provinsi Kalsel dan Dinsos Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Tim liputan

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *