Karhutla Peristiwa Perkebunan

25 Ha Kebun Karet PT. Inhutani II Terbakar

DUTA TV KOTABARU – Laporan kebakaran lahan di perkebunan karet PT. inhutani II di desa Semaras, kecamatan Pulau Laut Barat, kabupaten Kotabaru, diterima tim satgas karhutla di desa tersebut sekitar pukul 09.00 pagi.

Banyaknya dedaunan dan ilalang kering yang menutupi tanah membuat api cepat membesar. Hingga pukul 12.00 sudah tiga blok atau 15 hektare lahan yang terbakar.

Koordinasi pun dilakukan dengan posko karhutla di kantor BPBD kabupaten Kotabaru, unit pemadam dari beberapa perusahaan terdekat kemudian dikerahkan, selain itu sempat ada permintaan ke BPBD provinsi untuk mengirimkan heli waterbombing karena titik api sulit dijangkau dan sumber air minim.

Namun kebakaran akhirnya dapat dilokalisir dengan cara penyekatan untuk mencegah perambatan api, sekitar pukul 18.00 api yang telah membakar empat blok atau 25 hektare kebun bisa dikuasai.

“Minta bantuan waterbombing dari Banjarmasin kami yakin perlu waktu lama, dan hasil dari inisiatif teman-teman maka dibuat sekat dengan traktor jangan sampai api bertambah luas, kami memang berharap kalau karhutla di lahan perusahaan yang dekat dengan pemukiman, peran dunia usaha sangat dibutuhkan, kami tidak bisa serta merta memadamkan”, ujar Syafarudin Syukur kasi kedaruratan BPBD kabupaten Kotabaru.

Syafarudin Syukur kasi kedaruratan BPBD kabupaten Kotabaru

Berdasarkan data BPBD Kotabaru, kebakaran lahan di areal perkebunan PT. Inhutani II ini merupakan karhutla terbesar yang terjadi dalam 2 bulan terakhir, penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan.

Reporter : Nazat Fitriah


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *