Kesehatan Lingkungan

25.000 Jiwa Terserang ISPA Akibat Kabut Asap

DUTA TV BANJARMASIN – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mencatat ada 30.000 jiwa yang terdampak akibat dampak kabut asap dari bulan Januari 2019 lalu hingga kini.

Namun di dalam bulan ini saja Dinas Kesehatan Kalsel mengakui mencatat ada 25.000 masyarakat yang terserang ISPA baik anak-anak orang dewasa hingga ibu hamil.

Menurut data Dinas Kesehatan provinsi Kalsel, angka ini meningkat dari tahun 2018 lalu. Peningkatan yang cukup drastis terjadi sejak dua sampai tiga bulan terakhir. Namun antisipasi juga sudah dilakukan dengan pembagian 50 ribu masker ke sejumlah kabupaten kota. “Memang ada peningkatan selama 2019 terbanyak dua minggu ini, kalau akumulasinya Januari sampai Juli masuk ke sini sekitar 30.000 meningkat, antisipasi kita lakukan membagikan 50.000 lebih masker,” ujar Muslim Kadinkes Kalsel.

Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan hingga kini terus dilakukan oleh pemerintah provinsi Kalsel tetapi dampak kebakaran masih terasa.

Dari data, daerah yang paling banyak terdampak kabut asap terjadi di kabupaten Tanah Laut, kota Banjarbaru, Barito Kuala dan juga Hulu Sungai Selatan, dimana daerah tersebut kerap menjadi langganan kabut asap pasalnya di wilayah itu sering terjadi kebakaran lahan.

 

Reporter: Zein Pahlevi


Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *