2023, Dana Hibah Pemprov ke PMI Kalsel Naik Tiga Kali Lipat

BANJARMASIN, DUTA TVMelalui APBD 2023 mendatang, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan bakal mengucurkan dana hibah untuk Palang Merah Indonesia atau PMI Kalsel, sebesar Rp 1,5 miliar. Dana itu meningkat tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Berdasarkan catatan, dana hibah yang didapat PMI Kalsel tahun 2022 hanya Rp 488 juta. Minimnya dana itu membuat kegiatan PMI sangat terbatas, khususnya dalam penyediaan stok darah.

Ketua DPRD Kalsel Haji Supian HK mengatakan minimnya dana hibah tahun 2022, menyusul adanya pemangkasan karena COVID-19.  Penambahan ini sendiri dilakukan berdasarkan pertimbangan kemanusiaan, dimana pemerintah daerah melihat keberadaan organisasi ini bergerak untuk kemanusiaan, seperti saat terjadi bencana alam maupun ketersediaan darah bagi yang membutuhkan.

“Sudah persetujuan juga dari pihak eksekutif itu Rp 1,5 miliar,  karena PMI untuk kemanusiaan wajib kita bantu,” kata Supian HK.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Pemprov Kalsel mendapat sorotan dan kritikan dari ketua umum PMI pusat HM Jusuf Kalla, yang disampaikan saat musyawarah Provinsi PMI Kalsel dua pekan lalu. Sorotan itu terkait minimnya dana hibah yang diberikan Pemprov untuk PMI Kalsel.

 

Reporter : Evi Dwi Herliyanti

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *