2.064 Personel TNI-Polri Amankan Jokowi Berkemah di IKN

Jumpa pers pesiapan Presiden Jokowi di IKN (Foto : tangkapan layar)

Jakarta, DUTA TV — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menginap di titik nol IKN Nusantara pada awal pekan ini. Ribuan personel dari TNI hingga Polri diterjunkan mengamankan kegiatan Jokowi di IKN Nusantara.

“Kami sudah gelar pasukan jumlah keseluruhan yaitu 2.064 orang, terdiri TNI, kemudian dari kepolisian, kemudian ditambah dengan unsur pemerintah daerah,” kata Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (13/3/2022).

Kegiatan dimulai hari ini (14/3) mulai dari hotel di Balikpapan sampai IKN Nusantara sudah digelar pasukan. Pengamanan di titik nol IKN Nusantara hingga kegiatan menginap Jokowi.

“Kegiatan untuk di ring satu nanti Paspampres, kemudian ring dua dan ring tiga dari kami dari unsur kewilayahan yaitu dari TNI-Polri, ditambah unsur pemerintah daerah,” ujar Mayjen Teguh.

Segala kemungkinan sudah diantisipasi mulai dari keberangkatan Jokowi hingga di lokasi IKN Nusantara. Ada sejumlah kerawanan yang akan diantisipasi pasukan pengamanan.

“Ya memang situasi kondisi sekarang yang paling rawan situasinya adalah perubahan cuaca,” imbuhnya.

Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto menjelaskan personel kepolisian yang dikerahkan 1.300 personel. Unsur yang dikerahkan polisi lalu lintas hingga intelijen.

“Melibatkan unsur lalu lintas, terutama intelijen, dan polisi pasukan berseragam, yang digelar, dipenggal-penggal, terutama memiliki kerawanan di jalan menuju lokasi itu tidak mulus semuanya sementara, ini yang akan kita tempatkan polisi dan TNI berseragam,” ucapnya.

Polisi mengingatkan pengendara yang melalui jalan menuju IKN Nusantara untuk berhati-hati. Sebab, kontur jalan yang dilalui belum semuanya baik.(dtk)

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.