169 ODGJ di Banjarmasin Sudah Divaksin

Banjarmasin, DUTA TV Momen hari kesehatan jiwa sedunia yang jatuh pada 9 Oktober  kemarin, dimanfaatkan dengan kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa ke-II yang digelar di salah satu hotel di Banjarmasin, akhir pekan kemarin.

Pada kegiatan ini, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin memberikan sejumlah penghargaan pada puskesmas yang dianggap sudah melayani ODGJ dengan baik. Selain pelayanan untuk memberikan pengobatan, pelayanan vaksin untuk ODGJ juga menjadi kriteria penilaian.

Dari total 998 orang dengan gangguan jiwa yang tercatat di Dinkes, baru 169 orang yang sudah melaksanakan vaksinasi, berbeda dengan vaksinasi orang normal, pemberian vaksin pada ODGJ memerlukan pendekatan khusus. Baik pada diri mereka maupun keluarga orang dengan gangguan jiwa tersebut.

“Wajib vaksin untuk mereka, dari 998 kita vaksin 169 orang kita vaksin pendekatan khusus, serta mengedukasi keluarga juga,” ujar Machli Riyadi, Kadinkes Kota Banjarmasin.

Tak hanya pada ODGJ, pelayanan vaksinasi juga terus dilakukan ke sejumlah penyandang disabilitas. Selain melakukan pendekatan, pihak Puskesmas juga diminta urun langsung atau jemput bola untuk melakukan vaksinasi pada ODGJ, penyandang disabilitas dan juga lansia.

Reporter : Zein Pahlevi

Saksikan terus program-program unggulan Duta Televisi live di sini

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *