Tekan Inflasi, Pemprov Kalsel Kembali Gelar Pasar Murah

BANJARMASIN, DUTA TVSejak pagi, ribuan warga sudah menyerbu operasi murah yang digelar oleh pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, yang digelar di jalan Jendral Sudirman, atau tepatnya di eks Kantor Gubernur Kalsel, Siring Nol Km, Banjarmasin.

Dari pantauan sejumlah kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu menjadi incaran warga, untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari hari.

Istri gubernur Kalsel, Raudatul Jannah yang juga menjabat sebagai Karo Perekonomian Kalsel, menyebut, pada pasar murah dan operasi pasar ini melibatkan sejumlah SKPD terkait dan menggandeng distributor-distributor sembako yang ada di Kalsel, untuk bersama-sama menekan inflasi dan mengantisipasi kenaikan harga jelang hari raya Idul Adha.

Kepala dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Birhasani, mengatakan saat ini inflasi Kalsel masih berada diatas 5%, namun perkembangan inflasi di daerah provinsi Kalsel khususnya sejak Januari hingga Maret 2023 terjadi penurunan yang signifikan. Menurutnya, hal ini dilihat dari rilis BPS, baik untuk daerah provinsi Kalsel maupun 3 kota yang dijadikan sampel pencatatan inflasi, seperti kota Banjarmasin, Tabalong, dan Kotabaru.

Birhasani menambahkan, berdasarkan tahun kalender 2023, dari Januari hingga Maret adalah sebesar 1,23 persen. Namun angka tersebut perlu dijaga secara bersama-sama, dengan adanya sinergi antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/kota.

 

Tim Liputan

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *