5 Kebiasaan Sebelum Tidur, Hindari Insomnia dan Stress

Tubuh terasa lelah, tapi meski sudah melewati tengah malam rasa kantuk tak kunjung datang. Nah pernahkah kamu mengalami hal tersebut ? Tenang saja.. kamu gak sendiri kok. Seperti yang di ungkapkan oleh Dr. lynelle Schneeberg, PsyD yang merupakan seorang psikolog dari Yale University, sekarang ini banyak orang yang sulit tidur dikarenakan kecemasan maupun stress yang datang pada malam hari.

Ada 5 kebiasaaan yang bisa membantumu untuk tidur lebih nyenyak dan bahkan menghindarkanmu dari stress.

1. Berikan signal “waktu tidur” pada tubuh mu

Cobalah untuk membiasakan dirimu tidur tepat waktu di jam yang sama setiap harinya. Pertama kali melakukannya tentu akan terasa sulit, tapi lama kelamaan begitu “waktu tidur” ini sudah menjadi kebiasaan dan terstimulasi pada otakmu,tanpa perlu memaksanya lagi maka rasa kantukmu akan muncul diwaktu yang sama. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun signal tidur adalah dengan mengenakan penutup mata atau menjauhkan diri kurang lebih 30 menit dari perangakat smartphone dan tv.

2. Menulis hal – hal yang kamu syukuri setiap harinya

Untuk mengatasi perasaan negatif harus dilawan dengan perasaan positif. Menurut Tiffany Toombs yang berprofesi sebagai life coach, kebiasaan mensyukuri hal-hal besar maupun kecil yang ada dalam keseharianmu, akan membantumu menenangkan pikiran dan sistem syarafmu.

3. Mendengarkan alunan musik dengan melodi slow

Menurut psychotherapist Kimberly M. Lookonya, musik dengan melodi yang slow bisa membuat tubuhmu jadi lebih rileks dan mengurangi stress. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba kebiasaan yang satu ini saat tak bisa tidur.

4. Mengkonsumsi snack/cemilan kaya protein dan rendah gula

Faktanya, mengkonsumsi makanan sebelum tidur juga dapat membantumu merasa lebih nyaman lho. Tapi bukan sembarangan cemilan (ingat cemilan atau snack yaa bukan makan berat) yang bisa kamu makan. Terutama bagi kamu yang ingin menjaga berat badan. Pilihlah cemilan yang kaya akan protein namun rendah gula. Beberapa diantaranya seperti sereal gandum, granola, ataupun protein bar.

5. Menciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Tanpa kamu sadari, keadaan tempat tidurmu juga bisa memberikan pengaruh pada kualitas tidurmu. Gunakan bantal yang empuk, seprei yang harum dan rutin diganti, serta selimut yang tebal guna memberikan rasa hangat. Menurut Laura Fonseca yang merupakan seorang terapis klinis, selimut yang hangat dan tebal bisa membantu pelepasan hormon serotonin dan dopamine yang menenangkan otak. Sebagai tambahan kamu juga bisa menggunakan aromatherapi, seperti wangi lavender atau bunga camomile untuk membuatmu merasa lebih rileks.

Nah apakah kamu sudah pernah mencoba kebiasaan – kebiasaan yang diebutkan diatas? Bagi yang sudah yuk kasih pendapatmu dikolom komentar. Dan bagi yang belum pernah mencoba, selamat mencoba!

 

Penulis : Yusman Asriadi
Ig : @yoezman_azriadie

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *