Suripno Ajak Ketua RT Kenali Paham Radikal

BANJARMASIN, DUTA TV – Ketua RT di wilayah Banjarmasin diberikan wawasan terkait jenis-jenis paham radikal yang patut diwaspadai. Wawasan itu disampaikan dalam sosialisasi wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila, yang dilaksanakan anggota dewan dari Komisi I DPRD Kalsel, Haji Suripno Sumas.

Menurutnya jika sudah mengenali, mereka diharapkan mampu menangkal dan mengantisipasi paham negatif itu di wilayahnya masing-masing. Pasalnya, ada beberapa paham yang tergolong menyesatkan dan harus diwaspadai masyarakat, baik itu paham radikal hingga paham ekstrem.

Ia juga berharap, selain peran umara, peran ulama bisa maksimal dalam mencegah munculnya paham-paham negatif itu di Kalimantan Selatan.

“Kita ingin agar para umara dan ulama punya persepsi yang sama, karena itulah melalui ulama diberi waktu memberi pencerahan kepada umara. mereka bisa menyebarkan dan mereka bisa mengenal kalau di dalam kelompok masyarakatnya ada kelompok radikal ekstrem, mereka bisa mengantisipasi” ujarnya.

Selain dalam hal menangkal sebaran paham negatif di masyarakat, peran ulama dan umara juga diharapkan mampu menjaga persatuan Indonesia, dalam hal menjaga ketertiban, ketentraman dan keamanan, terutama meminimalisir konflik-konflik berlatar belakang keagamaan.

Reporter: Evi Dwi Herliyanti

 

 

 

 

 

 

Helman

Uploader.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *