8.000 Personel Kalteng Siap Tangani Karhutla

Palangka Raya, DUTA TV — Provinsi Kalimantan Tengah siap mengerahkan 8.312 personel dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada awal musim kemarau tahun ini. Ribuan personel terdiri dari gabungan beberapa unsur.

“Para personel terdiri atas  TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kehutanan, Brigdalkar KPH, Manggala Agni, MPA/TSAK/BPK hingga Tagana,” kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran di Palangka Raya, Kamis (4/3).

Lihat Juga :  Kemarau Diprediksi Datang Agustus – Oktober

Gubernur menyampaikan hal itu di sela apel gelar sarana dan prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021.

Pengendalian karhutla juga akan didukung melalui operasi udara. Itu melalui usulan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Pembiayaannya ditanggung dari dana APBD Kalteng, melalui Belanja Tak Terduga (BTT), Dana Tugas Pembantuan Badan Restorasi Gambut (BRG), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Lihat Juga :  5 Kecamatan di Tapin Rawan Terbakar

Sugianto juga menjelaskan, dalam pencegahan dan penanganan bencana jangan hanya sebatas pembuatan aturan tanpa aksi nyata. Namun, yang harus digarisbawahi, semua pihak harus fokus pada pelaksanaan aturan dan undang-undang dalam upaya mengurangi risiko bencana itu sendiri.

“Pencegahan dan penanganan bencana juga harus terintegrasi mulai dari tingkat pusat, provinsi sampai dengan tingkat kabupaten dan kota, sehingga ego sektoral tidak terjadi,” kata dia.

Lihat Juga :  Polda Kalsel Gelar Rapat Penanganan dan Pengendalian Karhutla Bersama Forkopimda

Ia pun memaparkan, potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan yang dihadapi dari tahun ke tahun memiliki eskalasi dan karakter yang berbeda-beda. Itu disebabkan kondisi lahan, cuaca, dan iklim ditambah peningkatan aktivitas oknum yang tidak bertanggung jawab yang masih melakukan pembakaran.(ant)

Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *