Syafruddin H. Maming Disambut Kesenian Kuda Lumping di Sungai Loban

Tanah Bumbu , Duta TV – Warga Desa Sumber Sari, Sungai Loban, menyambut kedatangan Calon Bupati Tanah Bumbu nomor urut 1 Syafruddin H. Maming dengan kesenian tradisional gamelan dan kuda lumping Tri Tunggal Turonggo Sari pimpinan Sumari.

“Saya berterima kasih banyak dengan sambutan yang mengesankan dari warga Sumber Sari ini. Matur suwun,” kata Syafruddin, Senin (9/11).

Desa Sumber Sari merupakan desa keempat yang dikunjungi oleh lelaki yang akrab disapa Cuncung itu dalam kunjungannya ke Kecamatan Sungai Loban. Mengenakan t-shirt berwarna merah gelap, Syafruddin yang tampil santai disambut oleh lima penari lelaki menggunakan kuda lumping berwarna hitam.

Iringan gamelan membuat kunjungan Syafruddin ke desa yang berada di tengah-tengah perkebunan karet itu jadi lebih meriah dari biasanya. Syafruddin juga menyempatkan foto bersama dengan para penari dan pemusik gamelan Tri Tunggal Turonggo Sari.

“Penarinya masih muda-muda, ini luar biasa kebudayaan memang harus ditekuni oleh generasi penerus kita supaya terus lestari dan turun temurun,” kata Syafruddin.

Salah seorang pembina sanggar Tri Tunggal Turonggo Sari Sumarno (55) mengaku gelaran ini memang sengaja diberikan untuk menyambut Syafruddin ke desanya. “2015 lalu, desa kami menang 82% untuk Mardani H. Maming. Ketika ada nama Syafruddin mengikuti kontestasi Pilkada, tentu kami menyambut sangat positif,” kata Sumarno.

Ia juga berharap jika nantinya pasangan calon nomor 1 Syafruddin H. Maming-Muh. Alpiya Rakhman (SHM-MAR) terpilih, keduanya bisa memperhatikan pelestarian kebudayaan dan kesenian daerah seperti kuda lumping.

“Sebelumnya memang sudah ada bantuan sarana prasarana alat dari partai pendukung SHM-MAR. Kami berharap komitmennya untuk melestarikan kesenian juga akan terus berlanjut jika terpilih nanti,” kata Sumarno.

IN – Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *