Menkeu Sebut Pemulihan Ekonomi Meningkat di Q2 2021

DUTA TV Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, dalam konfrensi pers APBN kita, yang diselenggarakan secara virtual, Rabu, 21 juli, menyatakan, terjadi tren pemulihan ekonomi Indonesia dengan momentum percepatan yang cukup tinggi di kuartal dua tahun 2021.

Menkeu menjabarkan empat indikator tren tersebut, yakni, pertumbuhan aktivitas konsumsi masyarakat yang terdiri dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) hingga Juni 2021, sebesar 107,4 , meningkat dibandingkan periode April 2020 yang tercatat di level 84,8. Indikator selanjutnya adalah indeks penjualan ritel, yang hingga Mei naik ke level 225,6 setara dengan 14,7 % secara year on year.

Lihat Juga :  Supian HK Sosialisasikan Perda Penanggulangan Bencana

Indeks IKK dan Indeks Penjualan Ritel berbanding lurus, yang artinya konsumen memiliki optimisme dalam kegiatan konsumsi. Serta, dilihat dari penjualan mobil ritel pada juni, melonjak hingga 120,3 % dibanding tahun lalu.

Keempat, realisasi belanja negara hingga semester pertama, mencapai 42,5 % dari target APBN. Naik 9 4 % dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Baik dari sisi demand konsumsi investasi, ekport import dan pemerintah semuanya bergerak bersama menunjukan suatu pemulihan baik rebound ataupun recovery, baik base line nya rendah maupun karena adanya optimisme, ini semuanya menggambarkan Indonesia ekonominya pulih cukup menyakinkan sampe dengan bulan juni ini.”ucapnya.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati

 Sri mulyani menambahkan, walau pun kondisi perekonomian Indonesia pada kuartal 2 mengalami peningkatan, namun pemerintah akan memfokuskan pada kesejahteraan masyarakat, yang dikhawatirkan akan terjadi peningkatan angka kemiskinan pada tahun ini. (Ant)

Redha Aulia R


Uploader.
Follow Me:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *